Minggu, November 27, 2016

Dampak Teknologi Terhadap Kehidupan Sosial Masyarakat



       Pada zaman sekarang ini manusia tak luput dari teknologi di dalam kehidupan. Setiap hari, setiap saat, setiap waktu manusia menggunakan teknologi. Tanpa teknologi mungkin manusia tak bisa melakukan apa-apa. Saat ini manusia sudah sangat bergantung kepada teknologi yang semakin lama semakin canggih.
       Kebutuhan manusia yang sangat banyak dan tidak ada habisnya merupakan salah satu  faktor munculnya teknologi yang semakin berkembang. Semakin banyak kebutuhan manusia maka para ilmuan dan para pakar membuat teknologi baru dan terus mengembangkannya.
       Namun, apa arti sebenarnya dari "Teknologi?"
       Poerbahawadja Harahap mengatakan bahwa, Teknologi merupakan ilmu pengetahuan yang menyelidiki tentang cara kerja di dalam bidang teknik, serta mengacu pula pada ilmu pengetahuan yang digunakan dalam pabrik atau industri tertentu. "
       Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Teknologi merupakan suatu keseluruhan sarana untuk menyediakan barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan juga kenyamanan hidup manusia.
       Dari dua pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa teknologi merupakan ilmu pengetahuan yang menyediakan sarana untuk kelangsungan hidup manusia.
       Sedangkan kehidupan sosial itu sendiri berarti interaksi antara individu dengan individu lainnya yang saling membutuhkan satu sama lain.

Hasil gambar untuk teknologi

       Teknologi itu sendiri memiliki dampak bagi kehidupan sosial masyarakat, yaitu:

1. Dampak Positif :

  • Lebih mudah untuk melakukan sesuatu, teknologi yang dibuat saat ini sudah semakin canggih agar mempermudah manusia melakukan sesuatu.
  • Mudah mendapatkan informasi, masyarakat dengan mudah mengakses informasi dari manapun dan kapanpun.
  • Mempersingkat waktu, tak perlu menghabiskan banyak waktu kini masyarakat sudah bisa melakukan sesuatu dengan teknologi yang ada.
  • Mengurangi biaya, masyarakat tidak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk mendapatkan akses informasi, cukup satu bulan sekali untuk membeli paket internet masyakarat kini bisa melakukan akses dimana saja.
  • Menumbuhkan rasa ingin tahu, masyarakat yang memiliki rasa ingin tahu tinggi saat melihat teknologi yang semakin berkembang maka masyarakat tersebut ingin mencoba untuk membuat teknologi baru yang semakin canggih.
2. Dampak Negatif :

  • Adanya Cyber Crime, yaitu kejahatan pada teknologi, terutama pada dunia maya yaitu pada jaringan komputer.
  • Merusak moral, seperti akses teknologi untuk pornografi yang dapat merusak moral generasi penerus bangsa.
  • Penggunaan yang tidak bertanggung jawab, seperti untuk melakukan kejahatan yang akan merugikan orang lain.
  • Tingkat kemalasan meningkat, semakin canggih teknologi semakin mudah untuk digunakan maka tingkat kemalasan semakin meningkat.
  • Banyaknya pengangguran, perusahaan perusahaan sekarang lebih banyak mengandalkan teknologi dibanding tenaga manusia, maka dari itu semakin banyak yang pengangguran
  •  Kecanduan teknologi, hal ini yang menyebabkan setiap hari semakin banyak masyarakat yang tak bisa lepas dari gadget yang dimilikinya.

       Kesimpulan yang dapat diambil yaitu:
       Jangan terpaku oleh teknologi-teknologi yang semakin canggih pada zaman sekarang, kita juga harus melihat bagaimana sebelum teknologi itu diciptakan artinya bagaimana kehidupan tanpa adanya teknologi dengan melihat alam ciptaan Tuhan yang juga tak ada habisnya . Agar tidak tertinggal oleh zaman kita boleh saja mengikuti teknologi yang ada, asal kita tahu mana yang baik dan mana yang buruk dan tentunya memanfaatkan teknologi yang sebaik-baiknya.

Sumber:

1. http://dosenit.com/kuliah-it/teknologi-informasi/pengertian-teknologi-menurut-para-ahli
2. http://afinalrizky.student.umm.ac.id/2016/06/23/perkembangan-atau-kemajuan-teknologi/

0 komentar:

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest
Flag Counter

Time and Date

Gunadarma University

Categories

About Me

Figa Rizfa Zazila
Lihat profil lengkapku

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright

Designed by Kaylah Kristine Designs | Powered by Blogger

Copyright © Welcome to Figa's Blog | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com