Jumat, Desember 02, 2016

Dampak Penggunaan Alat Komunikasi Terhadap Perilaku Pemakainya



       Di era globalisasi pada zaman sekarang ini alat komunikasi berkembang dengan sangat pesat. Tidak hanya dikalangan remaja dan dewasa saja, kini anak-anak pun mulai menggunakan alat komunikasi yang sering disebut dengan istilah gadget. Bahkan zaman sekarang tidak sulit untuk menemukan orang yang pecandu gadget atau orang yang tidak bisa jauh dari gadget. 
       Dengan adanya gadget yang semakin berkembang dan semakin banyak jumlahnya akan berpengaruh terhadap kehidupan dan perilaku para pemakainya. Gadget sendiri memiliki manfaat bagi kebutuhan manusia. Tanpa gadget manusia sulit melakukan suatu pekerjaan. Disisi lain, gadget memiliki dampak bagi kehidupan manusia.

Hasil gambar untuk alat komunikasi
             http://www.sulaidihasibuan.com/2015/05/macam-macam-alat-komunikasi.html

        Dibawah ini akan dijelaskan bagaimana dampak alat komunikasi (gadget) terhadap perilaku pemakainya.

       Dampak Postif dari penggunaan alat komunikasi (gadget):
  • Dapat menjalin komunikasi dengan banyak orang di berbagai belahan dunia
Dengan aplikasi sosial media di gadget, seseorang bisa menjalin komunikasi dengan banyak orang bahkan sampai ke berbagai belahan dunia.
  • Memiliki wawasan yang luas
Seseorang yang memiliki gadget dapat mencari berbagai informasi untuk menambah wawasan. 
  • Menambah kreativitas
Seseorang yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dapat menambah tingkat kreativitas dengan menggunakan gadget tersebut.
  • Munculnya inovasi baru
Dengan gadget seseorang bisa menciptakan suatu inovasi baru yang nantinya hasil dari inovasi tersebut dapat beguna untuk pengguna gadget lainnya. Seperti menciptakan suatu aplikasi yang dapat digunakan oleh orang banyak.
  • Memperluas lapangan pekerjaan
Para pengangguran yang tentunya memiliki skill di bidang tertentu dapat mendapat pekerjaan atau dapat membuka usaha sebagai penjual gadget atau service gadget

          Dampak Negatif dari penggunaan alat komunikasi (gadget):
  • Semakin banyak pecandu gadget atau ketergantungan pada gadget
Tak sedikit orang yang tak bisa lepas dari gadgetnya masing-masing, karena dikehidupan mereka sangatlah bergantung pada gadget.
  • Meningkatnya emosional
Seseorang yang memiliki gadget sering kali emosi dikarenakan baterai habis, tidak memiliki sinyal atau paket internet mereka yang cepat habis karena terlalu sering digunakan.
  • Meningkatnya kekerasan yang dilakukan oleh anak-anak
Sering kali kita melihat anak-anak dibawah umur sudah berani berkata kasar atau melakukan kekerasan terhadap temannya. Hal tersebut dikarenakan game  kekerasan yang berkembang dan juga video dari internet yang tidak mendidik khususnya bagi anak-anak .
  • Menjadi antisosial
Seseorang yang sangat ketergantungan pada gadget jarang melihat keadaan sekitarnya. Akibatnya mereka tidak perduli dengan keadaan sekitar. Maka seseorang yang antisosial jarang berinteraksi dengan orang-orang yang ada di sekitarnya.
  • Tak kenal waktu
Jika seseorang yang sudah asyik dengan gadget, mereka akan malas untuk melakukan sesuatu yang merupakan kewajibannya seperti sholat atau mengerjakan tugas rumah. Selain itu, seseorang juga bisa sampai begadang akibat terlalu asyik bermain gadget
  • Tidak tahu batasan
Kebanyakan remaja saat ini tidak tahu batasan untuk diri mereka masing-masing. Terkadang saat guru atau dosen mereka menjelaskan sesuatu mereka malah asyik bermain dengan gadgetnya. Bahkan sampai ketika waktu ujian mereka mempergunakan gadget untuk mencontek. Selain itu ada pula yang menonton video-video tak senonoh dan bahkan sampai ada yang menirukan adegannya.
  • Sulit membedakan informasi yang benar dan yang salah
Di zaman ini banyak sekali informasi yang di dapat melalui gadget atau berita yang beredar di masyarakat terkait dengan perkembangan di berbagai manca negara. Media yang satu dengan media yang lainnya memberikan informasi yang berbeda-beda. Maka dari itu masyarakat sekarang ini sulit membedakan mana informasi yang benar dan yang salah. 

       Kesimpulan yang dapat diambil dari dampak penggunaan alat komunikasi ialah gunakanlah gadget sebaik mungkin yang dapat berguna bagi diri kita masing-masing, dan tentunya mengikuti batasan batasan yang sesuai agar tidak salah. Lihatlah keadaan sekeliling kita dan berkomunikasilah dengan mereka agar kita tidak antisosial dan dapat menambah pertemanan. Sangat senang bila kita melihat dunia tanpa kebohongan-kebohongan yang ada di dalam gadget, lihatlah lingkungan alam sekitar agar dapat menenangkan pikiran.

0 komentar:

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest
Flag Counter

Time and Date

Gunadarma University

Categories

About Me

Figa Rizfa Zazila
Lihat profil lengkapku

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright

Designed by Kaylah Kristine Designs | Powered by Blogger

Copyright © Welcome to Figa's Blog | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com